experience

Minggu, 30 Desember 2012

Cara Menutup Polis Axa Mandiri

Hallohalooo...
lama banget gue gak corat coret di blog ini, rasanya gimanaa gitu, sebenernya banyak banget yang pengen gue tulisin, tapi saat ini gue harus memilih informasi apa aja yang harus gue bagi. Yaa..banyak hal yang jadi penyebab sii..salah satunya mungkin karna terlalu banyak fans yang pengen tau banget gitu kehidupan pribadi gue, hahaa...sambil jedotjedot tembok gue nulisnya..
dan...TARAAA...gue muncul kembali dengan tulisan yang terkait dengan AXA, yaaa anggap aja ini utang masa lalu gue... Soalnya banyak nasabah yang mungkin terkendala, dan gak tau gimana cara nutup polis axa mandiri, dan banyak keluhan bahwa proses penutupan sering dipersulit. So, di sini, gue bakal share trik menutup polis asuransi axa mandiri dengan cepat, dan gak bertele-tele.
Seharusnya, sebelum kita buka asuransi apa pun, kita harus tau dulu, manfaat apa aja yang akan kita terima ketika dan setelah kepesertaan kita, hak dan kewajibannya apa aja, kita harus detail. Kalau kita sekarang ikut asuransi, dan ternyata kita gak tau manfaatnya apa aja, segera hubungi agen asuransi tersebut, TANYA!! kalo ternyata gak sesuai, segera tutup. Gak usah nunggu nanti, sebelum kita menderita kerugian yang lebih banyak..
Nah, khususon axa mandiri dengan judul axa mandiri rencana sejahtera (baik yang syariah maupun yang plus, sama aja), atau ada yang ngasih nama asuransi pendidikan, tabungan masa depan, asuransi pensiun yang ada asuransi kesehatannya..ya sejenis itulah, itu produknya namanya unit link. Ini kudu diperhatiin lagi, kalau udah punya polis, segera baca tiap kata yang tertulis di polisnya, wajib... karna gue yakin, si FA gak bakal ngasih penjelasan detail di awal.. kalo semuanya udah ok, silahkan lanjutkan, kalau nggak, mending tutup deh, apalagi kalo misal kita gak ngerasa ngisi lembar formulis pengajuan asuransi jiwa. Mau nunggu 5 ato 10 taun, proses penutupan dan atau proses klaim, proses pencairan dana juga bakal dipersulis, alesannya simple "administrasi tidak sesuai", ini fakta yaa..terjadi sama nasabah gue..
Ok, cara nutupnya simple, tinggal dateng ke bank mandiri atau ke bank syariah mandiri terdekat. Bawa Polis asli dan bawa copy identitas (KTP biasanya), kalau tertanggungnya atas nama anak berarti bawa copy akte kelahiran anak, kadang disuruh juga dibawa copy kartu keluarga, dan jangan lupa sertakan copy buku tabungan.. Temui FA, minta formulir penutupan polis. sesimple itu ko. Yang lama, kadang nanti dari pihak pusatnya suka ngulur2, ada aja yang aneh2..suruh ngelengkapin inilah itulah...Sebenernya yang wajib tu cuma polis sama copy id, berkas lain yang gue sebutin itu untuk menghindari pihak pusat minta berkas yang aneh2 aja...ini juga pengalaman, ada beberapa nasabah gue yang tutup polisnya susah bener dah.
Dan triknya adalah, jangan pernah nutup polis ke FA tempat kita buka polis, pasti di hold sama dia, gak akan diurusin. Kenapa? Ini terkait dengan performance-nya. Karna kalau nasabah FA tersebut tutup polis sebelum 1 tahun kepesertaan, itu juga bakal ngaruh ke bonus dia, ngurangin bangetlaah..dan ngaruh juga ke careernya dia, jadi susah naik ntar kalo nasabahnya pada kabur sebelum 1 tahun kepesertaan..
Jadi, misal nasabah A buka di gue, terus dia mau nutup, jangan di gue lagi kalo mau nutup, gak bakal gue urusin pasti, dateng aja ke bank mandiri atau bank syariah mandiri yang ada FAnya, pasti diurusin karna FA itu gak ada kaitannya sama sekali, cuma bertugas ngelayanin setiap nasabah yang dateng ke dia. That's it.
Kayaknya itu aja yang bisa gue bagi, kalo misal ada yang ditanyain, silahkan leave comment di sini, pasti gue jawab ko, meskipun gue bukan pegawai Axa lagi, tapi entah kenapa gue masih peduli dengan hal-hal seperti ini.. so sweet banget kan gue haha ^_^

119 komentar:

  1. pintar juga triknya... nutup ga di tempat kita buka polis

    BalasHapus
  2. Haloooo ara (maen panggil ara aja),,, aku meta, salam kenal ya...
    Dhttp://aramentari-misteryoflive.blogspot.com/search?updated-max=2012-10-25T02:15:00-07:00&max-results=1&start=2&by-date=false&m=1r surfing soal axa mandiri, akhirnya aku terdampar di blog kmu ini, waw iini yg aku cari hihihi krn apa krn aku berniat tutup polis axa mandiri aku yg baru berumur 10hari, proses ikut nya pun sangat cepat yaaa aku cmn isi form, tanda tangan sana sini trs tidak lama tabunganku dipotong 500rb,
    Permasalahannya jeng jeng....aku tidak dikasih polis oleh FA tempat aku daftar, trs gmn aku bisa tutup polisku yaaaa.....hiks, trs apakah aku nanti kena penalty?
    Help kasi pencerahan, dan aku harus gimana biar ga bodoh ke 2kali hiks...
    Utk cepetnya aku ada di metarismetalia@gmail.com
    Thank u so much before.... xoxo

    BalasHapus
  3. malam nama saya Yuniusti, saya baru cari tau tentang axa mandiri. saya udah 3 tahun gabung dengan axa mandiri untuk simpanan pendidikan untuk anak saya. di polis anak saya tidak ada ketentuan kapan berakhirnya pembayaran polis. ketika saya hubungi FA nya dia sudah pindah ke Bali. Yang saya tanyakan gimana saya bisa tutup polis anak saya ? berapa besar penaltynya? Tolong beritahu jalan keluarnya. Terima kasih.
    yunitamanintan@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pinalty, hanya saja uang premi tidak kembali. tergantung pembagian di awal berapa premi berapa investasi. Total investasi bisa ditanyakan langsung ke FA atau tlp ke customer service

      Hapus
  4. sorry say mau tanya , kalo mau nutup fa kaya gitu sama aja kaya nutup tabungan jangka panjang ga?
    saya belum ada 1 tahun ikut tapi sudah pengen tutup, karena dana kita baru bisa cair d taun ke 7, sy pikir jika suatu saat saya butuh dana itu , saya ga bisa ambil .. apa kalo belom ada 1 tagun bisa ditutup ?
    lalu apa dana kita akan hilang semua atau ada pemotongan? fan kira2 pemotongannya gimana ya?

    BalasHapus
  5. sebelum satu 1tahun misal ditutup bisa diambil, tapi nanti dana yg akan diterima maksimal 20% dari dana yg kita terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ara. Saya batu tutup polis seminggu yang lalu dan baru dapat telpon dari axa mandiri
      Saya bula sejak oktober 2012 kurang lebih 16 bulan saya bergabung

      Saya cuma dapat 4.8jt (per bulan 500ribu)

      Hapus
  6. Mba ara nan baik hati bisa sharing info seperti ini.. Saya jg mau tutup axa padahal baru buka dan belum dapat polis.. Apakah bisa ditutup dan apakah uangnya kembali utuh saat pendebitan pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 hari sejak kita menerima polis, kita bisa menambah atau membatalkan program asuransi yg kita ikuti, hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 300rb, tapi kalau lebih dari 14 hari maka akan dipotong 80% dari total premi yg kita bayarkan. Menutup dengan cara apa pun uang tidak akan pernah kembali dg utuh.

      Hapus
  7. cara menutup dan syarat2nya ada di sini aramentari-misteryoflive.blogspot.com/2012/12/cara-menutup-polis-axa-mandiri.html?showComment=1366200527597#c3265656210262058805

    BalasHapus
  8. Mbak aramentari mohon informasinya, kemarin Hari jumat Tanggal 31 Mei 2013 saya bergabung di Axa Mandiri, karena ada kebutuhan mendadak, saya mau cancel saja. Hari Senin besok tanggal 3 Juni 2013 saya mau mengajukan pembatalan (kondisi belum mendapat polis, karena juga masih 2 hari). Apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus pergi ke FA yang sama? Atau sebaiknya di FA yang lain? Mohon balasan secepatnya, semoga informasi yang diberikan dibalas oleh ALLAH SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi berkasnya masih ada di FA kalau masih 2 hari. Terutama jika berkasnya masih belum lengkap, saya sarankan untuk menghubungi FA sebelumnya saja, tapi kalau berkasnya sudah naik ke pusat, minta tutup ke FA lain, sebelum 14 hari sejak polis diterima

      Hapus
  9. salam kenal mba ara.. saya kevin.. saya sdh ikut program axa mandiri sejak agustus 2011 dengan 2 polis atas nama kedua putri saya..sejak bulan mei kemarin saya sdh tdk sanggup membayar premi nya lg dikarenakan bisnis saya sdg bangkrut.. saya berencana mengundurkan diri dari 2 polis tsb.. kira2 berapa besar dana yg bisa saya terima ya? bagaimana proses penutupan dan syarat2 yg harus saya bawa.. terima kasih sblm nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya turut prihatin dengan kondisi pak kevin..semoga usahanya bisa lancar kembali
      Untuk tahun pertama yang akan diterima adalah 20% dari total premi yang dibayarkan di tahun pertama, kemudian ditambah dengan 40% dari total premi yang dibayarkan di tahun ke dua. untuk mengecek saldo ril bisa tlp ke customer care axa (ada di polis no tlpnya) atau bisa menghubungi FA terdekat

      Hapus
    2. untuk syaratnya, saya sudah tuliskan d blog ini

      Hapus
  10. Salam kenal, Mbak Ara. Saya ikut AXA sudah 3 tahun, pertahunnya saya membayar sebesar 8,4jt. Baru kemarin saya terima email dari AXA perihal jumlah saldo saya, dan disitu tertulis hanya 15jt sekian, bukannya seharusnya 25jt-an ya? :(
    Saya berencana tutup polis saja. Kira-kira berapa yang akan saya dapat, ya?
    Terimakasih sebelumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal pak wily, jumlah yg akan pak wily dapat adalah sejumlah yg diemailkan, bisa kurang karena ada biaya konversi unit. hal ini karena tahun pertama sampai tahun ke 5, uang pak wily mengalami pemotongan dari premi yg dibayarkan, tahun 1 hingga 80%. Oleh karena itu sampai tahun ke 5, jumlah saldo yg diterima akan lebih kecil dari saldo yg dibayarkan..

      Hapus
    2. salam kenal mbak, saya mo mengalami hal yang serupa dengan Bp. Wily... apakah jika kita tidak menutup axa tersebut, ada jaminan bahwa setelah tahun ke 5 jumlah uang dapat kembali meningkat sesuai dengan perhitunan yg ada? terima kasih

      Hapus
  11. Sya kemarin di teleponan terus sama asuransi tsb,dan saya baru mengenal dunia asuransi.
    Nah tak tau mengapa saya langsung tertarik sama penjelasannwna dan langsung menyetujui (lewat tlp).

    Tpi setelah saya buka internet tentang asuransi tsb,saya menyesal dan pengen menstop.

    Apakah penyetopan k bank mandiri proses nya cepet? Berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses penutupan polis biasanya gak semudah pembukaannya, tapi silahkan kunjungi bank Mandiri terdekat untuk melakukan proses penutupannya, temui FA di bank tersebut (dan jangan heran, nanti sama FAnya bakal ditawari asuransi lainnya..biasanya penutupan polis prosesnya bisa sampe 1 bulan

      Hapus
  12. Mbak ara Mentari saya Norman Rizkyono, melanjutkan cerita saya yang diatas, sudah dari tanggal 3 juni - hari ini 12 juni sejak saya melakukan pembatalan SPAJ (SPAJ belum submit ke sistem), hingga saat ini uang saya belum dikembalikan, dengan alasan form pembatalan SPAJ belum ditandatangani oleh pimpinan jatim, karena orangnya sedang dinas ke luar kota. Apa yang harus saya lakukan mbak? Apakah saya harus tetap menunggu tanpa kejelasan?

    BalasHapus
  13. Proses pembatalan SPAJ (SPAJ belum submit ke sistem/ belum dapat polis) menurut customer service axa mandiri : nasabah datang ke FA bank mandiri tempat ia mendaftar -> menandatangani form pembatalan SPAJ -> SPAJ dengan tanda tangan lengkap dari FA, pimpinan, dll. --> SPAJ dikirim ke Axa Pusat --> Uang nasabah dikembalikan. Apa benar seperti itu mbak? Butuh waktu berapa lama untuk proses ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup pake surat pembatalan polis yg ditandatangani FA, untuk ttd selanjutnya diurus sama FA biasanya, dan untuk pengiriman surat ke pusat dilakukan oleh kurir axa mandiri, kalau di bank mandiri kurirnya datang jam 10. Untuk lamanya proses tergantung FA yg urus, bisa jadi lama kalau FAnya gak mau ngurusin karna ngaruh ke penghasilannya dia kalau kita tutup di tempat kita daftar, paling cepet prosesnya 2 minggu. Uang nasabah bisa jadi dikembalikan, bisa jadi dipotong 300ribu, tergantung FA ngurus pembatalannya gimana..

      Hapus
  14. Mbak kalau misal surat pembatalan SPAJ dikirim hari senin dari surabaya ke Axa pusat jakarta, kira2 surat sampai hari apa ya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kurang paham, tp begitu sampe d pusat, prosesnya minimal 2 minggu

      Hapus
  15. Halo mba ara, salam kenal
    Saya ike dari Cirebon, saya ikut program axa mandiri + axa asuransi kesehatan sudah jalan 3 tahun, jadi ada 2 program yg saya ikuti.
    Axa mandiri didebet tiap bulan 500rb, sedangak yg kesehatan 350rb perbulan. setelah ketemu blog mba ara ini, saya jadi was-was dan berniat mau menutup smua program axa yg saya ikuti, kira2 berapa uang yg akan saya terima nanti? dan apakah dua-duanya bisa ditutup smua? mohon penjelasannya ya mba...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saldo, bisa ditanyakan ke FA atau ke customer care axa dg menginformasikan no polis mb keyna. untuk asuransi kesehatan axa, setau saya harus sesuai kontrak, kalau menutup di luar kontrak saldo hangus, tp silahkan pelajari kembali polis yg mb keyna terima, semua informasi ada di situ. atau bisa datang ke fa terdekat, bawa polis, dan minta dijelaskan semua klausa yg ad d polis..biasanya kalau nasabah udah jalan beberapa tahun, dan minta informasi yg ssbenarnya akan dijelaskan sejelas2nya..

      Hapus
    2. tapi kalo saya lanjut sampe kontrak 5 tahun, kira2 uang yang saya trima ga jadi manyusut kan mba? dulu saya ga tanya detail brp jumlah saldo yg akan saya terima, seingat saya kalo ga salah untuk axa yg tiap bulannya 500rb, setelah 5 tahun saldo yg akan saya terima sekitar 40 jutaan. sedangkan yg kesehatan 350rb per bulan, 5th mendatang saya trima 20 jutaan. pasti sekitar jumlah segitu ga ya mba? takutnya jauhh dari itu saldo yg akan saya terima....trims

      Hapus
    3. nilai investasi di perusahaan asuransi sifatnya hanya prediksi, tidak pasti, bisa jauh lebih kecil, sama, atau jauh lebih besar dari yang diprediksikan tergantung banyak hal..terutama situasi ekonomi indonesia dan dunia..dan yg harus diketahui tidak ada jaminan investasi di perusahaan asuransi mana pun, beda sama bank. Kalau kita simpen uang di bank, misal kita nyimpen 500rb per bulan maka 5 tahun lagi nilainya bisa dipastikan 30juta lebih (plus bunga), tidak akan kurang dari itu..dan dijamin oleh LPS jika bankny bangkrut

      Hapus
  16. Salam kenal,,,
    Bu ara minta penjelasannya donk soal penutupan polis axa mandiri tabungan berjangka...kena chargenya berapa ya soalnya ada yang bilang 150rb ada juga yg bilang 300rb mana yang benarnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang paham axa tabungan berjangka, coba dilihat lagi di polis yg pak iwan terima apakah judulnya axa tabungan berjangka, atau Mandiri Rencana Sejahtera, kalau Mandiri Rencana Sejahtera, berarti yg dipotong adalah biaya premi. Biasanya FA memberikan nama yg berbeda untuk produk yg sama dlm rangka menarik nasabah, makanya mohon dicek kembali polisnya..

      Hapus
  17. setelah membaca dari beberapa blog dan dari info yang saya terima dari mba aramenti, saya berniat untuk menutup polis saya yang baru 1 tahun. walaupun saya sudah bayar dengan total 7,2jt, tapi dari blog yg mba yg saya baca mungkin saya hanya akan menerima maksimal 20% dari yg saya setorkan :( daripada saya khawatir untuk kedepannya.
    jadi buat para calon pemegang asuransi lebih baik berfikir-fikir terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membuka asuransi.

    BalasHapus
  18. Halo mbak ara, tadi tgl 26062013 saya di tawarkan axa, dan sudah isi formulir blablabla, tapi sya ditanya mau di potong di debit ato cash dan kebetulan debit kosong dan saya pun tidak membawa cash, apakah bisa di batalkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, setahu saya semua program axa tidak dibayarkan dg uang cash, pasti didebet langsung dari tabungan.. selama belum ada tandatangan pernyataan autodebet, pendebetan tidak akan dilakukan, penandatanganannya pun di atas materai..

      Hapus
  19. Halo mba, kmrin aku ditelpon ma axa, maksa banget disuruh ikut, trus aku ikut jadinya, kalo saya dengar percakapan lewat telpon itu direkam gitu, skrg mau dibatalin itu dikena biaya apa ngga ya, baru 4 hari sich

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tele marketing sy kurang paham, tp pasti ada dana yg terpotong jika menutupnya..

      Hapus
  20. halo mba ara
    senangnya blog anda ini banyak membantu orang-orang
    saya mulai menggunakan axa dari desember 2012
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan,
    1. menurut mba ara, apakah program axa ini menguntungkan, apabila kita bisa bersabar minimal hingga 5 tahun ke depan, contoh 6-10 tahun?
    2. bagaimana cara mengecilkan polis yang dibayar? polis saya 8jt per tahun, ingin saya kecilkan menjadi 6jt per tahun
    3. apakah mengecilkan polis akan dipersulit oleh FA?
    mohon jawabannya mba, terimakasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo pak fandi
      tidak ada jaminan nilai uang yang nanti didapatkan akan menguntungkan atau tidak, hal itu tergantung keadaan ekonomi di Indonesia. Hal yg pasti didapatkan oleh nasabah adalah uang pertanggungan yg tertera di kontrak, seperti berapa nilai uang yg akan didapat ketika nasabah tutup usia, kecelakaan, dsb.
      Menurunkan jumlah premi artinya akan menurunkan nilai pertanggungan yg akan didapat kelak ketika terjadi rsiko. Biasanya FA tidak akan mempersulit urusan seperti ini. Untuk menurunkan jumlah premi, minta form perubahan polis ke FA, biasanya nanti akan dibuatkan proposal baru oleh FAnya

      Hapus
    2. terima kasih mba atas balasannya, ingin bertanya lagi nih mba,
      1. bisa tidak saya menarik kesimpulan seperti ini, menguntungkan atau tidak yang jelas setelah 5 tahun (misal 6 tahun), apabila saya ingin mengambil uang saya, jumlahnya tidak akan kurang dari jumlah yang saya setor selama 6 tahun tersebut?

      2. sebaiknya apabila ingin memperkecil polis, ke tempat pembuatan polis apa jangan ya mba?

      terimakasih banyak mba araa :)

      Hapus
  21. Ini web yang bermanfaat infonya. Begini, saya punya 2 polis axa mandiri cirebon cab. yos sudarso, karena saya baca di internet banyak yang komplen dan kecewa tadi siang saya mau nutup axa polis yang ke 1, sedang polis yang ke 2 mau diteruskan saja, polis-polis itu belum ada 1 tahun.

    FA memberitahu tidak bisa ditutup karena belum 1 tahun, padahal di dalam polis sebenarnya bisa tapi memang disitu tidak dijelaskan kapan waktu bisa nutupnya apa harus 1 tahun disana memang tidak ada.

    Setelah nego2 tetap tidak bisa, saya kesal akhirnya saya ke CS Bank Mandiri saat itu juga rekening mandiri saya tutup sekalian. Selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bisa ditutup ko, bahkan ketika kita mengajukan dan akhirnya batal pun bisa, cuma kena administrasi 300rb, batas waktunya 14 hari setlah kita menerima polis, di atas 14 hari dana kita untuk pembayaran premi kena potongan 80%
      kalau masalah di atas, itu bisa2nya FA aja biar nasabah gak jd tutup polis, dan itu jg ngaruh ke persistensi dia..ujung2nya ke bonus yg di terima Fa

      Hapus
  22. Mbak ara,seperti yang ditanyakan mas fandi anugrah,saya sepertinya mempuanyai kecemasan yang sama.polis saya sudah 2 tahun,kalo dibatalkan uang kembali sedikit sekali.bisa nangis tujuh hari tujuh malam saya.menurut mbak ara,apabila saya bertahan sampai tahun ke 6 saja,apakah setoran saya yg 6 thn itu bisa ditarik 100%,gpp ga dikasih bunga juga.yang penting memperkecil kerugian.Mohon dibantu mbak saya sudah frustasi sekali membaca ribuan komplaint tetang axa dari hari ke hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu pak risky, karna saldo yg kita dapat nantinya tergantung banyak hal. kalau ekonomi kacau bisa jd uang yg kita terima nilainya lebih sedikit. yg pasti dari keikutsertaan asuransi adalah nilai pertanggungan yg tertulis di kontrak (jika terjadi resiko kematian, kecelakaan, dan sakit). untuk nilai uang yg akan diterima tidak akan pernah sama dg yg dijanjikan FA

      Hapus
    2. maksud mba ara bahwa nilai uang yg akan diterima tidak akan pernah sama dengan yg dijanjikan FA apakah nominalnya berkurang, tetap, atau lebih besar?
      apakah mungkin aan berkurang?

      Hapus
  23. Salam kenal mbak Ara, saya baru debet di AXA hari ini. dan pengen cancel. sebaiknya saya tunggu polis saya terima atau bagaimana? maksudnya 14 hari setelah diterima itu bagaimana? saya takutnya sudah lewat 14 hari terima polisnya karena keterlambatan pengiriman.. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 hari dihitung sejak polis kita terima, tunggu saja sampai polisnya diterima.. nanti langsung proses ke fa yang lain, jgn ke fa yg bersangkutan karna pasti akan dikasi alesan yg macem2 yg intinya gak boleh nutup asuransi dg alasan yg bla bla bla (sebenarnya terkait bonus dan performa fa)

      Hapus
  24. Salam kenal buat mbak Aramentari...
    Saya juga punya pengalaman tentang AXA Mandiri. waktu proses penggantian buku tabungan ditawarilah asuransi AXA MANDIRI oleh FA. Terus karena saya sudah ada asuransi lain jadi "karena dipaksa terus" akhirnya saya iyakan dengan premi yang 350.000 perbulan. tapi katanya untuk awal harus dibayar per-semester, dan sama untuk semester selanjutnya, jadi langsung auto debet sejumlah 2.100.000.
    Beberapa hari kemudian dapet telpon dari telemarketnya AXA. ngomongya nyrocos, tanpa saya dikasih sela buat bertanya ato ngomong. dan ternyata percakapan kita terekam, karena kondisi waktu itu ada acara nikahan sodara jadi biar cepet saya iyakan smua.
    Bulan selanjutnya tabungan saya terdebet otomatis Rp. 500.000 dan saya tanyakan ternyata dari AXA Mandiri. berarti sudah tidak sesuai dengan yang ditawarkan diawal kalo didebetnya persemester. ini malah didebet 500.000 perbulan. sudah 2 x auto debet 500.000 (2bulan)
    Kesimpulannya uang premi saya yang sudah tersetor 3.100.000,-
    Misal saya tutup asuransi ini dipersulita gak ya? Apa benar saya hanya mendapat 20% x 3.100.000, = 620.000. hikshiks.. ndak bagus ini... sangat menjebak dan merugikan
    Mohon Pencerahannya.. Terima Kasih

    Saran buat temen2 yang lain. Pikir ulang lagi kalo buka asuransi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy turut prihatin dg kondisi pak saiful. asuransi yg sama fa itu masuknya asuransi jiwa, sebenarnya bisa dibayar per bulan (350rb), gak wajib per smester, per smester tu biar bonus untuk FAnya lebih besar aja,. dan yg 500rb per bulan itu dari telemarketing axa (dia jg dapet bonus tiap ad nasabah yg ikut program yg ditawarkan by phone),, memang mereka sengaja menelpon nasabah di jam sibuk agar diiyakan. yg 500rb itu pasti hangus semua kalau baru bayar 2 bulan,. jd kalau mau tutup cuma dapet maksimal 20% x 2.100.000,, kalau sudah punya asuransi dr perusahaan lain, saran saya tutup saja semua asuransi dr axa.,sebelum uang pak saiful hilang lebih banyak lagi

      Hapus
  25. Nambain coretan aja apakah. Kalau tabungan kita kita tutup apakah secara otomatis asuransi axa mandiri ketutup jg secara otomatis

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak otomatis, selama masi ada saldo do axa mandiri, saldo itulah yg akan digunakan untuk membayarkan premi. dan kalau tidak salah masa tenggang sejak kita tidak membayarkan premi lg sekitar 6 bulan..
      tapi kalau tabungan kita tutup, artinya axa tidak bisa mendebet uang kita lagi. saya pun melakukan hal yg sama karna proses menutup tabungan lebih mudah daripada menutup asuransi axa mandiri

      Hapus
  26. Kalau lom ada saldo di axa mandiri gimana kalau kita tutup tabungan kita apakah tar dari axa mandiri meminta uang angsuran takutnya gt2 di. Luar. Bank atau dari pihak axa mandiri mendatangngi rmh kita

    BalasHapus
  27. nggak, setau saya orang axa gak pernah ada yg datangin nasabah ke rumah..

    BalasHapus
  28. Mau tanya, saya nasabah baru AXA Mandiri (Belum 1 Tahun). Dan sekarang saya sedang dalam kondisi finansial yang kurang baik, AXA saya sudah berjalan selama 3 bulan. Dan saya ingin menutup total AXA saya, apakah bisa? dan apakah saya masih bisa mendapat uang saya kembali?? Saya perbulan membayar sebesar 1 jt (Asuransi & Kesehatan). Mohon informasinya, apakah saya akan dikenakan pinalti atau saya bisa mendapatkan uang saya kembali yang saya invest kan..?

    Terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung ditutup, tapi uang yg kembali hanya 20% dari total yang disetorkan..

      Hapus
  29. mba, saya mau tanya. saya tadi siang sudah mengisi formulir AXA Mandiri. tp berhubung ktp saya sedang hilnag, jd datanya belum lengkap. dan saya diminta menginformasikan no akta kelahiran menyusul. tp saya sudah tandatangan di formulir itu. saya ikut yg setoran per bulannya 350rb selama 5 tahun. apakah saya sudah benar2 terdaftar di AXA Mandiri dan saldo tabungan saya akan diambil 350 rb/bln atau belum?
    terus mba, saya lupa lg, klo persentase asuransi & investasi tahun 1 sampai ke 5 berapa?
    mohon informasinya ya, ma yang cantik :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum, berkasnya masih pending kalau seperti itu..
      tahun pertama investasi 20%, asuransi 80%
      tahun ke 2, investasi 40%, asuransi 60%
      tahun ke 3, investasi 60%, asuransi 40%
      tahun ke 4, investasi 80%, asuransi 20%
      tahun ke 5, investasi 90%, asuransi 10%

      Hapus
  30. Mbak sya mau tanya, saat ini saya baru ikut axa..tetapi polis masih underwriting krna 2 alasan, pertama krna saya tidak mengisi ahli waris dari polis (sudah saya tambahkan), kedua krna medis..apakah polis bisa dibatalkan tanpa pemotongan premi 80%? Biaya administrasi 300rbu?Kondisi saya udah membayar 7,2jta /tahun..saya langsung bayar per tahun..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya bisa, tapi kadang FAnya bakal bilang gak bisa..pasti dari pihak FAnya akan ulur sampe berkasnya issued.. nanti begitu polisnya issued langsung batalkan saja, kena biaya administrasi 300rb, sisanya akan kembali.. batas waktunya hanya 14 hari kalender..batas ini harus dimanfaatkan dg baik, jangan sampai datang ke FA yang salah..
      dari sekarang minta aja surat pembatalan SPAJnya..

      Hapus
    2. Berarti tanpa harus menunggu issued juga bisa ya mbak?atau saya harus melengkapi persyaratan dan menunggu menjadi issued? Terimakasih untuk jawabannya

      Hapus
  31. Salam kenal Mba Ara..
    Terimakasih atas pencerahan dan coretanya sangant bermanfaat.
    Saya mau nanya mba, saya sudah ikut AXA Mandiri Asuransi Jiwa dengan Program Dasar Mandiri Rencana Sejahtera Plus (HONM) sejak oktober 2011:
    1. Didalam data Polis saya tidak tertulis Tanggal Masa Akhir Kontrak, apakah itu wajar dan lumrah?
    2. Apakah saldo yang di email oleh Axa adalah saldo riil yang kita dapat dan akan kita peroleh jika kita mengajukan klaim atau menutup Polis?
    3. Jenis investasi apa yang pergerakanya sangat signifikan diantara ACRP,DMRP,FXRP,PMRP,SMUS,ATRP,EQRP,MMRP,SMRP,STRP?

    Terima kasih atas pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal pak upriadi
      1, Asuransi axa mandiri tidak mengikat nasabahnya dg masa kontrak, jd bisa berhenti kapan saja atau bisa dilanjut sampai kapan saja (kalau tidak salah sampai umur nasabah 100 tahun, selama nasabah masi sanggup membayar premi atau masi ada nilai investasi)
      2. iya betul
      3. biasanya yg lebih cepat pergerakannya DMRP, tp untuk memastikan (karna pergerakannya selalu berubah) silahkan update ke FA, untuk minta report pergerakan setiap unit, jadi pak upriadi bisa membbandingkan sendiri dari kinerja unit2 di atas

      Hapus
    2. jika dana yg diinformasikan itu dana yg kita peroleh ketika menutup polis, apakah ada tambahan biaya lainnya? krn saya pernah membaca ketika menutup polis dana yg diperoleh masih dipotong untuk administrasi yg jumlahnya cukup besar

      Hapus
  32. kalau saldo di rekening saya kosongkan supaya tidak dapat autodebet bgaimana menurut mb ara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeh..saya jg dulu gitu..akhirnya saya tutup rekeningnya, itu jauh lebih mudah dibandingkan nutup axanya

      Hapus
    2. sama nih saya juga pengen tutup axa mandiri saya..krna sudah bulan ke-3 di tarik auto debet namun belum dpt buku polis sama sekali..bagaimana cara penyelesaiannya ya mba ara??
      saya juga berfikir ingin seperti ini..tapi apa nasib tabungan mandiri saya adalah tabungan untuk gajian saya..sehingga menutup dan mengganti ke kantor sendiri lebih ribet jadinya..hiks sedihnya

      Hapus
  33. Wah informasinya membantu sekali mbak Ara, terima kasih atas pencerahan dari tulisannya ini. Kasus saya sama dengan komentator pertama tulisan ini, jadi saya hari ini baru aja buka tabungan AXA tapi belum dikasih polis sama mbak2 yang nuntun saya di bank tadi. Setelah baca2 review di internet saya jadi pengen membatalkan tabungan AXA ini, jadi gimana ya kalo belum ada polis?
    mohon pengarahannya mbak Ara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta saja surat pembatalan pengajuan pollis ke FA..

      Hapus
  34. mohon info ya mba
    aku ikut axa sejak juni 2012 dengan auto debet 500rb(itu perjanjian awal), tapi kenyataannya setiap bulan di potong 527rb.
    sejak 4 bulan terakhir pihak axa selslu sms kalo gagal aoutodebet karna dana tidak cukup, tapi selang beberapa hari mereka sms lagi kalo berhasil
    dan akhirnya pada bulan ini tiba2 saya dsms n d tlp klo axa saya gagal autodebet 2bln(1jt)
    saya tanya ke axa katanya suruh tanya mandiri, saya ke mandiri di suruh ke axa..

    saya tanya total uang saya yang sudah masuk mereka ga mau kasih tau.
    kalo misal saya tutup aja gimana mba?
    berapa kira2 dana yang saya terima?

    sebelumnya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dana yang diterima hanya 20% dari total premi yang sudah dibayarkan

      Hapus
  35. Dear Mba Ara,,saya ingin tanya donk bagaimana nasib yang seperti saya belom dapet buku polis axa mandiri namun sudah bulan ke 3 saya di tarik auto debet tabungan saya..saya ingin menutup asuransi axa mandiri karena yang pertama saya berfikir banyak yang kurang dri axa mandiri ini buktinya yang seharusnya buku polis dapat di berikan ke nasabah namun buku blom sampai malah sudah di potong saja duit di tabungan saya..
    mohon pencerahan dan bantuan mba ara bagaimana cara mengatasinya..

    terima kasih sebelumnya untuk mba ara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi FAnya dan bilang buku polisnya belum diterima, karna nanti kalau tidak ada buku polis klaim pun tidak bisa. Mungkin ada kesalahan dalam proses pengiriman. Buku polis bisa dicetak ulang juga ko, tapi kena biaya 100ribu..
      Atau bisa juga komplain ke customer care axanya

      Hapus
  36. Dear Mba' ara,.,.
    aku juga punya kasus mengenai AXA, tgl 28 Agustus 2013 saya membuka AXA mandiri dengan premi per tahun Rp. 1.972.000, dan itu sudah dibayar pada saat pertama buka. tapi anehnya pada tanggal 4 september 2013, telah terjadi auto debet di rekening mandiri saya sebesar Rp. 1.972.000. saya bingung dengan sistem Auotdebet AXA ini,,.,

    Nah pertanyaan saya.,
    Setelah saya membaca postingan ini dan beberapa comment, saya berniat untuk menutup AXA saya, bagaimana dengan uang yang telah di debet dari rekening saya. apa bisa dikembalikan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilihat lagi di polisnya, nilai segitu apakah untuk per bulan, per 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Bisa saja Bapak meniatkan per tahun tapi pada kenyataanya FA salah centang di formnya jadi per bulan, jadi didebet per bulan senilai sekian. Lebih baik segera cek di lembar form pengajuan polisnya, ada di 3 lembar terakhir (yang ada tulisan tangan dan materainya Pak..

      Hapus
  37. Mbak saya bisa minta alamat apa yg bisa buat saya konsultasi ke mbak ttg axa? ayah saya ikut axa dan saya baru tahu dan sekarang ayah saya kena stroke dan gak bisa ngapa"in sementara dapat sms dari axa kalau dipotong terus duitnya. bingung nih mbak
    email saya andra.doank20@yahoo.com/andra.doank20@gmail.com
    hp (082152352569/081953900093)

    BalasHapus
  38. mb ara, terima kasih utk infonya. proses penutupannya bisa diwakilkan tidak ya? misalnya dr suami mewakilkan ke istri

    BalasHapus
  39. Salam kenal Mba Ara ,saya Arwin dan saya mengikut sertakan Putri pertama saya pada Axa Mandiri sejak Januari 2012 bisa dibilang sudah 1,5Th, dan saya ingin menutupnya pada Juni 2013 kemarin akan tetapi dari pihak Axa menyarankan jangan tutup dan lanjut saja ,akan tetapi saya sudah tidak memiliki lagi Rekening mandiri sejak 3 Bulan terakhir secara otomatis tidak ada debet untuk Axa ,pertanyaan saya apakah uang saya masih ada di axa? dan jika saya mau Tutup kira2 berapa yang saya terima?

    BalasHapus
  40. salam kenal mbak, saya ikut axa untuk jangka waktu 5 tahun, dan kini sudah 22 bulan.. sbnrnya saya sudah ada niat untuk berhenti (menutup polis) namun setelah membaca beberapa informasi bahwa di tahun ke 2 hanya didapat dana 40%, maka lebih baik mana..? saya lanjutkan hingga tahun ke 5 atau saya hentikan saja di tahun ke 2..? untuk perbulan saya 600 rb.
    dan jika di tahun ke 5, dana yang dikembalikan sebesar 90%, ada kemungkinan tidak dana bisa kembali 95% sampai 100% apabila di lanjutkan setelah tahun ke 5..? dan jika ada, butuh waktu beapa tahun lagi..?
    atau harus memperbarui polis kembali..??
    mohon pencerahan...
    sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  41. mba ara saya mau tanya saya ikut polis axa utk jangka 5 thn dengan premi 500rb tiap bulannya dan sdh berjalan 21 bulan, yg saya heran kenapa di polis asuransi tidak ada batasan jatuh temponya, padahal saya ikut yg 5 tahun. saya takut ketika sudah 5 thn ternyta tidak bisa cair, awalnya saya tdk curiga karena belum sepenuhnya paham, tetapi ketika membaca blog ini saya jd khawatir. mohon solusinya

    BalasHapus
  42. salam kenal mbak...
    saya mau tanya apabila kita tidak bayar premi slama 3bulan, i2 otomatis menutup polis kita gk..
    apakahh kita tidak perlu lagi nutup ke FA???
    tks

    BalasHapus
  43. mbak ara, saya ikut asuransi pendidikannya selama 5 tahun, dan sekarang sy sudah bayar polis selama 26 bulan, jadi sudah 2 tahun lebih, membaca komen2 di atas, saya jadi ragu untuk melanjutkan axa mandiri saya, jika saya batalkan polis asuransi saya, berapa kira2 uang saya kembali mbak ... terima kasih sebelumnya ...

    BalasHapus
  44. mba ara saya daftar axa mandiri buat anak saya, trs saya ragu belum sehari daftar mba,di batalin bisa ga...sy jg blm dapet polis...gmn yach..ribet ga kira2

    BalasHapus
  45. Mbak Ara, makasih y atas infonya di atas....
    Saya jadi pengen ikut nanya juga ni....
    Saya ikut Axa mulai tanggal 11 Januari 2011, saya ikut AXA investasi, yang setoran awalx 27juta (Hanya Setoran Tunggal), sdah ndak nambah apa2 lagi sampai sekarang.
    Kemarin saya sempat nanya ke AXA, bisa kalo mau nutup axa nya, tapi klo bsa jangan dlu karna axa lagi turun harga per unit nya.
    Waktu bulan mei 2013 saya ngecek saldo melalui 67888, saldo saya ada 30jutaan. Tapi sekarang saldo saya hanya 25jutaan.
    Pertanyaan Saya, menurut mbak ara apakah lbh baik saya tutup axa sekarang, ato menunggu waktu naik y dlu y mbk saldo saya?????
    Kalau saya tutup, apakah yang saya terima sesuai dengan saldo yang biasa saya cek melalui 67888????? Atau ada potongan2 lagi y mbk????? Terimakasih.....

    BalasHapus
  46. Mbak Ara, makasih y atas infonya di atas....
    Saya jadi pengen ikut nanya juga ni....
    Saya ikut Axa mulai tanggal 11 Januari 2011, saya ikut AXA investasi, yang setoran awalx 27juta (Hanya Setoran Tunggal), sdah ndak nambah apa2 lagi sampai sekarang.
    Kemarin saya sempat nanya ke AXA, bisa kalo mau nutup axa nya, tapi klo bsa jangan dlu karna axa lagi turun harga per unit nya.
    Waktu bulan mei 2013 saya ngecek saldo melalui 67888, saldo saya ada 30jutaan. Tapi sekarang saldo saya hanya 25jutaan.
    Pertanyaan Saya, menurut mbak ara apakah lbh baik saya tutup axa sekarang, ato menunggu waktu naik y dlu y mbk saldo saya?????
    Kalau saya tutup, apakah yang saya terima sesuai dengan saldo yang biasa saya cek melalui 67888????? Atau ada potongan2 lagi y mbk????? Terimakasih.....

    BalasHapus
  47. Mbak Ara, makasih y atas infonya di atas....
    Saya jadi pengen ikut nanya juga ni....
    Saya ikut Axa mulai tanggal 11 Januari 2011, saya ikut AXA investasi, yang setoran awalx 27juta (Hanya Setoran Tunggal), sdah ndak nambah apa2 lagi sampai sekarang.
    Kemarin saya sempat nanya ke AXA, bisa kalo mau nutup axa nya, tapi klo bsa jangan dlu karna axa lagi turun harga per unit nya.
    Waktu bulan mei 2013 saya ngecek saldo melalui 67888, saldo saya ada 30jutaan. Tapi sekarang saldo saya hanya 25jutaan.
    Pertanyaan Saya, menurut mbak ara apakah lbh baik saya tutup axa sekarang, ato menunggu waktu naik y dlu y mbk saldo saya?????
    Kalau saya tutup, apakah yang saya terima sesuai dengan saldo yang biasa saya cek melalui 67888????? Atau ada potongan2 lagi y mbk????? Terimakasih.....

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Mbak Ara, makasih y atas infonya di atas....
    Saya jadi pengen ikut nanya juga ni....
    Saya ikut Axa mulai tanggal 11 Januari 2011, saya ikut AXA investasi, yang setoran awalx 27juta (Hanya Setoran Tunggal), sdah ndak nambah apa2 lagi sampai sekarang.
    Kemarin saya sempat nanya ke AXA, bisa kalo mau nutup axa nya, tapi klo bsa jangan dlu karna axa lagi turun harga per unit nya.
    Waktu bulan mei 2013 saya ngecek saldo melalui 67888, saldo saya ada 30jutaan. Tapi sekarang saldo saya hanya 25jutaan.
    Pertanyaan Saya, menurut mbak ara apakah lbh baik saya tutup axa sekarang, ato menunggu waktu naik y dlu y mbk saldo saya?????
    Kalau saya tutup, apakah yang saya terima sesuai dengan saldo yang biasa saya cek melalui 67888????? Atau ada potongan2 lagi y mbk????? Terimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada biaya, tp tidak terlalu besar..kisarannya gak akan jauh dr saldo yg biasa Bapak cek.. lebih baik minta laporan kinerja unitnya, jd bapak tau harga unitnya lagi berapa.. betul memang kata FA bahwa waktu pencairan terbaik adalah ketika harga unit lg naik, biar margin investasinya lebih besar.. sebentar lg pemilu, biasanya ekonomi lebih buruk, jd kalo mau tunggu, tunggu sampe semuanya stabil..

      Hapus
  50. mbak ara, saya mau nutup polis asuransi axa. tadi ke axa-nya katanya kalo belum 5 tahun dananya akan hangus, saya baru jalan 1 tahun. bener ga sih itu?

    BalasHapus
  51. Mba ara sy mau tanya..
    Tgl 27 november 2013 sy ikut axa..udh disuruh oleh FAny utk medical check up hr senin 2 Desember..tp sy niatny pgn batalin ikut asuransinya.. sy mst batalin ke FA tmpt saya buat atau ke FA yg laen ya mba?
    Atau bisang g saya kosongin aja saldo tabungan mandiri saya..
    Mohon info utk proses pembatalanny ya mba..
    Bisa di destiasafitry@gmail.com
    Makasih

    BalasHapus
  52. Mba Ara saya mau tanya..
    Sy sudah ikut axa mandiri selama 1.5thn..terakhir saya cek saldo premi sy ada sebesar 5, 8jt (seharusnya 10jt), klo sy tutup skrg apakah apakah sy terima 5, 8jt full atau ada biaya2 pemotongan lainnya?

    Makasih

    Febbe

    BalasHapus
  53. Selamat malam mbak Ara, saya Andi, saya ikut Axa Mandiri yang ditawarkan via Telemarketing pada tanggal 23 Desember 2013, dan setelah membaca blog ini saya berencana membatalkan polis saya.
    Saya ingin tanya bagaiamana cara membatalkan polisnya karena bukti polis belum dikirim, apakah telepon ke FA yang menawarkan, telepon ke customer care atau ke kantor cabang Bank Mandiri ?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  54. Nice blog nihhhh....met mlm mba ara,saya ikut axa sjk 5july 2012...wktu trima polis ga sy baca semuanya memang krn sy harus brkt keluar kota dlm wktu lama...yg sy ingin tnyakan
    1.stlh sy baca2...yg isi formulir data sy ada kesalahan di data pekerjaan...saya di maintenance tp tertulis hrd....trus data ayah saya tertulis msh sehat...pdhl dah meninggal...nahh apakah hal ini berpengaruh atau bakal menyusahkan saya pd saat claim?
    2. Apakah jika sdh di thn ke 5 saya mendapatkan 46jt spt yg mreka katakan? Atau 30jt...atau dibawah 30jt?
    3. Apakah salah satu trik claim biar ga rugi2 bngt kembalinya harus liat hrg unitnya naik atau tidaknya?
    Trimakasih mba ara atas penjelasannya nanti....

    BalasHapus
  55. Semoga coretan mbk ini berguna untuk orang yang sudah kecewa karena axa mandiri
    slm kenal mbak ara....
    ada beberapa hal yg rasanya kok terus mengajal dan trs membayangi
    begini mbk ceritanya pada ahir 2010 saya pernah mencairkan asuransi jiwa sy setelah 5 thn dan setoran perbulan 300rb ketika saya tutup saya mendapat untung sekitar 5jt.
    nah permasalahnya begini mbk ara setelah tau ada untungnya saya coba untuk ikut lagi asuransi kesehatan (januari 2011) dengan potongan 900.000 pertiga bln itung2 nabung setelah berjalan 3 thn(per januari 2014) dan saya gak pernah cek saldo sebelumnya, pada ahir desember 2013 saya iseng2 tanya saldonya berapa kepada FA betapa terkejutnya saya saldo ahir 1.7 jt(berjalan 3thn) dari 10.800.000 trs saya tanya kepada FA axa mandiri klo seandainya 5 thn lg uang yg bisa saya ambil berapa,FA menyebutkan masih angka segitu pak karena bpk hanya ikut premi dasar tidak ada top up nya, trs FA menyebutkan FA ditempat sy buka axa mandiri salah menjabarkan keinginan bpk jadi top upnya tidak ada padahal saya minta ada investasinya seperti sebelumnya.

    PERTANYAAN SAYA
    1.klo sy tutup axa mandiri(asuransi jiwa) apakah jumlah uang setoran sy 10.800.000 hilang gt aja padahal gak pernah clem dan hanya mendapatkan 1.7jt ada jalan keluar lg gak mbk? ato saya menerima 1.7 dipotong administrasi?
    2.jenis investasi dynamic money rupiah 50% prograsive money rupiah 50%
    itu apa mbk ada gak keuntungannya buat sy setelah sy tutup polis?

    TERIMA KASIH MBK ARA SAYA MOHON PENCERAHAN DARI MBK SMG BISA MEMBANTU SAYA DAN ORG LAIN YG MUNGKIN PERMASALAHANYA MIRIP DGN SAYA.

    BalasHapus
  56. dear mbak ara
    mbak ibu saya ikut AXA mandiri sejahtera plus dengan saldo tunggal sebesar 20jt.
    waktu polis diterima saldo sudah berkurang jadi 18jt.
    na jangkah yang diambil adalah 3 tahun.
    bulan februari 2014 masuk tahun ke dua.
    saya berniat untuk segera menutup polis saya. jika saya mau melakukan penutupan sebelum setahun biasanya penalty yang saya dapatkan berapa persen dari saldo awal yg qt setor?.
    menurut mbak ara sebaiknya saya harus bagaimana?
    apakah menunggu sampai jangkah waktu 3 thn baru tutup atau apa?
    karena saya khawatir dengan nasib uang saya mbak.
    mohon bantuanya.
    terima kasih

    BalasHapus
  57. Maaf mba ara mau tya kalau baru 3 hari gimana ya nutupnya. Saya sudah ke bank mandiri terdekat katanya tlpn lelemarketing lagi utk batalinnya waktu di tlpn katanya nama saya lom terdaftar. Benar yg mmn ya. Makasih

    BalasHapus
  58. terimakasih ats informasinya, jadi gimana jika kita sudah menjadi anggota selama 5.5 tahun , kira-kira berapa ya yng dikembalikan pihak axa mandiri ke kita jika tiap bulan kita bayar 350.000 1pa-144238

    BalasHapus
  59. Terimakasih atas ulasan di blog mba Ara kami setidaknya paham akan perlu tidaknya ikut asuransi Axa, semoga blog ini dapat memberikan sedikit cahaya untuk nasabah yang akan menutup ploisnya sepertisaya.thnks

    BalasHapus
  60. Mbak, kmaren saya ditelpon telemarketing axa mandiri.. trus setelah ditawarkan (walaupun dgn ngerocos) saya malah stuju2 aja ama tawaran ikut asuransi axa mandirinya dgn premi 250rb/bulan..
    tetapi setelah googling, saya lihat banyak keluhan mengenai axa mandiri ini.jadi saya niat mau batalain ikutnya, trus setelah .ke kantor mandiri terdekat kta bagian axa mandirinya polisnya belum diterbitkan, jd disuruh 3 hari kemudian bru kesana lagi untuk ngajuin pembatalannya... karena saya masih ragu sama omongannya takuttnya nanti uang saya tetap ditarik dari rekening.. saya tarik semua duit saya dari atm... karena menurut saya lebih simple..

    Klo misalkan saya non aktivkan rekening mandiri saya yg sekarang.. trus saya bikin rekening mandiri lagi soalnya saya masih butuh rek mandiri (karena banyak partner bisnis yg menggunakan rek mandiri).. apakah nanti akan ada pengalihan auto debet ke rekening saya yang baru?? mengingat data diri saya sama dgn rekening yang lama??

    kalau boleh saya minta saran yang lain juga dong mba, makasih...

    BalasHapus
  61. mbak ara, adakah perhitungan kira-kira ditahun berapa saya bisa ambil sesuai dengan premi yang kami bayarkan????

    BalasHapus
  62. Mbak ara, saya anggota axa mandiri sejak Nop 2009. Nanti pertengahan 2014 ini anak saya tamat SMA mau kuliah. Apakah saya sudah boleh mengajukan klaim untuk biaya anak kuliah dan bagaimana caranya?. Trims sebelumnya mbak atas pencerahannya.

    BalasHapus
  63. mbak ara, mau tanya donk..
    kalo misalnya mau tutup akun axa mandiri tapi polisnya ketinggalan di kampung halaman gimana ya? sementara saya lagi kepepet butuh duit dan gak sempet untuk pulang kampung buat ambil polisnya. dan di kampung sana gak ada yang bisa bantu kirimin ke sini (jkt) saya juga lupa waktu itu taroh di mana polisnya sih..

    kira2 kalo tutup axa pake KTP & buku tabungan mandiri aja bisa gak yah? saya juga sering dikirimin e-transaction statement ke email, apaka itu bisa membantu?

    thanks ya, mbak.

    BalasHapus
  64. Halo mbak Ara, sy aktif ikut axa mandiri per 15 jan 2013..stlh baca blog mbak makin bulet keputusan Utk tutup polis ini..hari ini sy cek saldo via SMS cuma ada 2,8 juta..miris emang yaa kl inget total yg udh dibayar sekitar 8 jutaan.. Yg mau sy tanya, kalau sy tutup polis ini apa sy bisa tarik semua 2,8 jutanya? Apa ada pemotongan lain lg?

    BalasHapus
  65. Slmt siang mbak ara, saya nasabah Axa Mandiri berjalan 5 bln (mulai Nop 2013) dg nilai pertanggungan 500 jt dibayar 2X, jadi 250jt/th. dengan rincian 80% (200jt) investasi dan 20%(50jt) premi asuransi, pada 1 Des 2013 saya menerima polis dan lembar pernyataan Transaksi Investasi yg nilai sbb :

    ATRP
    Saldo investasi per unit : 766,876.1590
    Harga beli : 131.6486
    Nominal : 100,958,172.70

    EQRP
    Saldo investasi per unit : 972,586.8870
    Harga beli : 103.8030
    Nominal : 100,958,214.70

    Total saldo akhir : 201,916,387.40

    pada bulan April 2014 saya menerima pernyataan transaksi priode Nop 2013 s/d Jan 2014 yang isinya sangat mencengangkan karena jumlah unit yg saya miliki jadi berkurang dan harga unitpun ikut turun. klo dari sisi harga saya bisa pahami tapi dari jumlah unit yang berkurang saya tidak bisa pahami. unit yg saya miliki skrg sbb :

    ATRP
    Saldo investasi per unit : 764,611.2497
    Harga beli : 128.9232
    Nominal : 98,576,129.06

    EQRP
    Saldo investasi per unit : 969,723.5484
    Harga beli : 98.6265
    Nominal : 95,640,439.54

    Total saldo akhir : 194,216,568.60

    jadi nilai investasi sebesar 200jt (cash) selama 5 bulan tidak ada untungnya malah nilainya berkurang sekitar 7 jt, yang ingin saya tanyakan mbak
    1. kenapa jumlah unit berkurang padahal premi sudah dibayar (50 jt)
    2. klo saya mau tutup berapa uang yang kembali dari investasi? dan apakah premi yg 50 jt hangus semua atau masih ada sisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau tutup yang didapatkan hanya nilai investasi saja, kemungkinan unit yang hilang digunakan untuk pembayaran premi mengingat kepesertaannya akhir tahun, jadi yang tahun 2014 langsung ditarik dari saldo investasi. Karna meskipun Pak Darma bergabung bulan Desember, untuk penarikan premi tidak selalu dilakukan di bulan yang sama, bisa jadi lebih awal. Kalau pada saat penarikan premi Pak Darma belum top up lagi (250juta), otomatis akan diambil dari saldo investasi.

      Hapus
  66. Selamt siang mbk ara saya mau tanya saya ikut program axa mandiri sejahtera plus dengan premi tunggal 30 jt sampe skrng sudah 2,5 tahun.saya cobacek saldo saya kemarin 29,5 jt
    Yang saya mau tanyakan klo saya mau menutup polis saya,berapakah uang yang saya bisa terima dipotong semua administrasi...
    trima kasih sebelumnya...
    tolong dijawab ya mbak ara trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ikut premi tunggal, biaya yang akan dikenakan tidak terlalu mahal.. paling dibawah satu juta untuk penutupan.. selisih paling banyak biasanya 2-3 juta saja..

      Hapus
    2. dear mba Ara,
      saya sudah ikut program Axa kurang lebih sudah 6 tahun sampai sekarang, apakah ada perbedaan potongan administrasi jika sudah lebih dari 5tahun jika mau menutup polis?

      thank u

      Hapus
  67. Bagi teman2 yang merasa dirugikan oleh AXA MANDIRI mari kita bentuk KOMUNITAS agar bisa besama2 mendatangi kantor AXA MANDIRI agar keluhan kita bisa ditanggapi oleh manajemen Axa Mandiri.

    BalasHapus
  68. Malam Mbak Ara,
    langsung saja ya.
    saya hari ini mengisi formulir dari pihak AXA untuk asuransi mandiri sejahtera mapan, setelah mengisi aplikasi dan tanda tangan sana-sini, saya diminta untuk mengunggu dan kembali lagi hari senin (menunggu prosesnya).
    saat mengisi form tsb, FA menanyakan pembayaran melalui transfer atau auto debet? saya jawab nanti auto debet saja.
    dan ternyata sore ini tabungan saya sudah auto debet sebesar 500 ribu.
    saya berniat untuk menutup AXA ini, karena terlalu banyak komentar negatif mengenai program axa ini.
    apakah uang saya bisa kembali?

    mohon tanggapannya segera ya mbak.
    terima kasih.

    BalasHapus
  69. Malam mbak Ara
    Saya baru sore ini ditelpon pihak telemarketing AXA Mandiri, dan saya langsung terkena bahasa marketing AXA Mandiri ini yang nyerocos terus selama di telpon, nah setelah saya menemukan tulisan ini di blog mba Ara, saya niat untuk tidak mengikuti ini program mba karena saya masih pelajar. Nah yang mau saya tanyakan mba. Saya berniat untuk menutup rekening Mandiri saya, nah yang saya mau tanyakan

    1. Jika kita menutup rekening kita di pihak Mandiri, apakah kita bisa membukanya lagi?

    2. Saya baca di FAQ web AXA Mandiri "Dalam 1 bulan pendebetan akan diulang sebanyak 4 kali pada tanggal: tgl. 1-3, tgl. 6-8, tgl. 16-18, dan tgl. 25-27 setiap bulannya. Jika sampai 4 kali debet masih belum berhasil, maka Nilai Investasi (jika ada) akan ditarik untuk menutupi biaya-biaya yang dikenakan, dan jika ternyata Nilai Investasi tidak mencukupi biaya-biaya tersebut maka polis akan menjadi tidak aktif (Lapse) dan perlindungan tidak berjalan."
    Kira-kira untuk gagal debitnya berlangsung berapa bulan yah mba agar polis menjadi tidak aktif??? Saya berniat kalau tidak bisa lagi membuka rekening di Mandiri, saya akan mengurungkan niat saya untuk menutup rekening saya, dan melakukan penarikan uang di rekening saya, sampai pihak AXA benar-benar melakukan gagal debet di rekening saya, sehingga polis tidak aktif

    Mohon jawabannya mba

    BalasHapus
  70. Slmt siang mbak ara, saya nasabah Axa Mandiri berjalan 16 bulan perbulan nya membyar sebesar Rp :350.000 dan ketika saya cek saldo akhir di sms 67888 hanya sekitar 2.554.242,tentu saya jadi bengong,uang yang saya setorkan selama 16 bulan cmn sekisar segitu,saya sangat kecewa,mknya saya ingin menutup polis saya.pertanyaan adalah bagaimana kah cara nya saya ingin menutup polis sya,dan apa saja syarat nya,mohon mbah ara mau membantu,sebelum nya saya ucap kan terima kasih banyak,wasalm

    BalasHapus
  71. ini alamat email saya
    saya tggu konfirmasi dari mbak ara
    terima kasih mbak ara

    BalasHapus
  72. akur mbak, thn kemarin sy berhasil nutupin polis nasabah saya di cabang mandiri laen, tp coz itu akhir tahun, dipersulit mukn buat mempertahankan nilai kecukupan modalnya yak pas tutup buku, btw ketika pada akhirnya cair si nasabah malah sutuju untuk dipindahin ke tempat sy soalnya kasian kali liat usaha saya nutupin kesana kemari susyah amat.. hehehe

    BalasHapus
  73. buat bantuin mb ara juga, buat temen2 yg nanyain duitnya balik nggak, mohon maap, kayaknya gak deh , kalopun balik ga mkn 100% bahkan kalo nilai tabungannya kecil mkn blm ada 50%nya soalnya kena biaya kontribusi di awal tahun bergabung, kan namya aja unit link, pasti motongnya gede tuh diawal, kecuali yg diikuti single premi dgn nilai yg besar.... moga bantu dikit

    BalasHapus
  74. nanya juga,
    kalo asuransi kesehatan axa mandiri yang katanya uang 100% kembali ditau ke 5 jika ngga ada claim apakah bener? kalau benar prosesnya saat penutupn susah apa ngga?

    BalasHapus
  75. Met Kenal Mb Ara,
    Cerita Pendeknya .. Awalnya Saya Mengajukan Claim Pencairan Dana DI Awal 5juta Sudah Ikut 5Th Lebih.. Tapi Dengan Alasan Tulisan Cuma 3 Juta Akhirnya Pencairan Awal Juta.. Pada Saat Saya Mengajukan Claim Ke 2 sebesar 3juta lagi dr tanggal 25Juni 2014 sampai sekarang 10 Aug 2014 Belum ada kabar pencaiaran kapannnya mb... Padahal Hampir Tiap hari Saya Complain Ke Cust Service Axa Bank Mandiri... Saya Malah Bilang, Bahwa Saya Akan Usut Dan Sebar Luaskan Tentang Kesulitan Saya Claim Pencairan Dana Axa.. Cust Service Axa Malah Menantang Saya "SIlahkan"... Apa seperti itu Axa Mandiri, menjelekan diri sendiri..

    Mohon pencerahannya mb, bagaimana uang saya bisa kembali dari axa mandir..karena hal tersebut saya juga mau tutup asuransi axa saja... Saya juga butuh uang teb untuk menyekolahkan anak masuk ke pesentran...

    BalasHapus
  76. Selamat malam mba ara, saya baru td siang ikut axa mandiri hospital life, tp setelah bnyak melihat review kyknya agak nyesel dan sebelum terlambat pengen nutup polisnya, bisa ga mba?saya ikutnya jg krna kena iming2 dr agen via telpon,mohon bantuannya email saya di arisboement@gmail.com

    BalasHapus