Kamis, 27 September 2012

Daftar komposisi bahan makanan

Hm..ngeliat judulnya pasti lo bingung, maksudnya apa yang disebut daftar komposisi bahan makanan..wajar si kalo bingung, karna kata2 ini lebih terkenal untuk kalangan gizi maupun pangan. Jadi daftar komposisi bahan makanan itu adalah daftar beberapa bahan makanan yang didalamnya sudah lengkap data kandungan gizinya. Simpelnya, jenis bahan makanan tertentu tu mengandung apa aja si? Contoh, dalam bawang merah tu terkandung apa aja si? Berapa karbohidratnya, vitaminnya, dan sebagainya. Itu semua ada di daftar komposisi bahan makanan, atau lebih sering dikenal dengan istilah DKBM. Dan lo tau ada berapa ribu jenis bahan makanan yang ada di dunia ini? Beribu-ribu!
Tiap negara punya jenis bahan makanan yang kadang berbeda dengan negara lainnya, jadi kalo mau tau jenis bahan makanan yang ada di seluruh dunia, coba aja search di internet, semuanya ada. Hanya saja kalau kita tidak memahami isinya ya percuma... FYI, tadi gue barusan donlot yang Afrika, itu aja udah bikin gue mabok...hahaha...
Tujuan gue donlot ribuan data ini tidak lain adalah untuk menambahkan basis data di Patata, karna dengan semakin lengkap data yang ada, maka akan semakin memudahkan user untuk menggunakan patata, dan akan semakin valid pula datanya..
Hm..gue ngerjain ini di sela2 kerjaan gue si sebenernya, ketika gue gak ketemu nasabah, yaa gue duduk nongkrong depan komputer untuk donlot2 beberapa data yang memang diperlukan untuk pengembangan patata.
Semoga aja ke depannya akan semakin banyak data yang terkumpul, dan semoga dua bulan ke depan versi mobile appsnya sudah bisa dinikmati oleh banyak user. Amiiin

1 komentar: