Minggu, 30 Desember 2012

Cara Menghindari Tele Marketing Asuransi

Satu hal lagi yang perlu gue share kayaknya. Mungkin tidak sedikit dari kita yang menerima telfon dari nomor yang tidak dikenal dengan kode (021), makanya kita angkat karna kita fikir itu telfon penting dari organisasi tertentu, yang ternyata setelah diangkat, itu berasal dari perusahaan asuransi tertentu. Dan gak jarang, biar cepet kita jawab iya iya aja. Padahal, jawaban itu bukanlah jawaban untuk menghindar, tapi dengan kata "iya" satu kali saja, imbasnya rekening kita tiap bulan bakal kedebet minimal 500ribu untuk asuransi, yang kita sendiri gak tau itu asuransi mengcover apa aja..
Gue harus jelasin dikit, kenapa kita menerima telpon tersebut disaat jam kerja, itu salah satu trik marketing. Mereka sengaja menelpon kita di jam sibuk agar kita tidak terlalu memperhatikan isi pembicaraannya dan ketika kita berusaha menghindar kita keluar kata "iya". Padahal ketika pembicaraan kita tu direkam, rekaman itu hanya memperhatikan kata iya nasabah, bukan kondisi kenapa nasabah  mengatakan iya. Dengan satu kata "iya", perusahaan asuransi berhak mendebet otomatis tiap bulan ke rekening kita untuk pembayaran asuransi yang kita ikuti tertanggal sejak kita menerima telpon tersebut.

Misal ada yang nelpon dan ngejelasin benefitnya blablabla terus tiba-tiba dia bilang gini "baiklah bu, sudah mengertikan manfaatnya, nanti buku polisnya saya kirimkan yaa..ke alama rumah atau kantor ibu untuk diperlajari?" Nah lhoo..kalo dia ngomong begini, kita jangan bilang "ke kantor" atau "ke rumah saja" dengan statement ini aja, artinya kita udah setuju dengan proses pendebetan itu, karna buku polis akan dikirimkan hanya ketika kita sudah sepakat untuk mengikuti asuransi. Kalau kasusnya seperti ini bilang aja "lho mbak, saya belum bilang iya lho dari tadi", atau yang paling gampang ketika di awal dia ngejelasin benefit berbau asuransi, tinggal bilang aja, "maaf saya sibuk" atau "maaf saya sudah mengikuti asuransi tersebut", dan si marketing gak akan nyerah gitu aja..tapi kita jangan pernah bilang iya, itu aja kuncinya...
Banyak temen-temen gue yang kejebak hal yang beginian, gue juga pernah si beberapa kali dapet telpo dari orang asuransi, asuransi tertentu, terutama gara-gara gue punya kartu kredit. Emank sounds intersting si, tapi gue langsung bilang aja "maaf mbak, saya dari tadi gak bilang iya, atas dasar apa mbak ngirim saya polis?" langsung deh tu orang bete..gak tau apa kalo gue juga petugas asuransi, hahaha..jadi gue tau trik2 yang beginian, meskipun gue gak pernah praktek, tapi gue belajar teorinya..hihihii sombong dikit

Kadang ada juga yang nanya, ko bisa si tu orang tau nomor hape gue? ko dia bisa tau si gue punya rekening di bank A dengan saldo sekian sekian, ko dia bisa tau ini itu dan ini itu... Hellooo...open your eyes!!!! Jaman sekarang gak ada orang yang kerja sendiri, data tu bisa diperjual belikan, makanya ati-ati banget ketika kita ngisi data untuk proses administrasi tertentu.  FA tu dikasi list data nasabah di bank i, jadi kita udah tau siapa-siapa aja yang bakal jadi target. Dan di bank lain juga tidak menutup kemungkinan terjadi hal seperti itu jika keduanya bekerja sama, atau ada oknum yang memperjualbelikan data2nya, yang penting dia dapet uang..cuma ngasi data doank, kalo klosing, dapet duit deh..

2 komentar:

  1. membantu banget mbak artikelnya.
    ijin share ya mbak? cz temen-temen kerjaku banyak tuh yang kejebak gitu

    BalasHapus
  2. Mbak aramentari yang baik..saya mau nanya... Saya Eko dari bekasi.. saya terlanjur bilang "setuju" baru kemarin saat telemarketing hubungi saya. Trus saya pikir pikir lagi mau cansell. Saya pernah baca di blog lain ada kasus yg sama trus dia langsung inisiatif ambil sisa uang di ATM mandiri biar gak jadi di debet oleh axa. Apakah dengan begitu saja sudah otomatis batal..? Ataukah harus ada prosedur lain ? Ataukah kalau misalnya bulan ini pihak axa belum bisa debet rekening saya (karena saldonya tinggal 100 an rb) trus dia akan otomatis debet saat rekening saya sdh masuk gaji..? Mohon dengan sangat pencerahannya dan terimakasih banyak

    BalasHapus